Saturday, February 28, 2015

Qs027:030 (Asal mula kata Bissmillah)

QS 027 : 030
Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: *Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. 

*Bismillah



Ada 113 buah kalimat Bismillahirrahmanirrahim di awal setiap surah (kecuali surah At Taubah) ditambah 1 di surah An Naml ayat ayat 30.


Bandingkan dengan naskah kitab Mazmur:

Kitab Mazmur
20:6 Kami mau bersorak-sorai tentang kemenanganmu dan mengangkat panji-panji *demi nama Allah kita; kiranya TUHAN memenuhi segala permintaanmu.

*Beshem Elohim (bahasa Hebrew)

Kitab Ezra
5:1 Tetapi nabi Hagai dan Zakharia bin Ido, kedua nabi itu, bernubuat terhadap orang-orang Yahudi yang tinggal di Yehuda dan di Yerusalem *dalam nama Allah Israel, yang menyertai mereka.

*Beshum Elah (dalam bahasa Aram)



Alkitab mencatat orang Arab yang masuk Kristen sudah ada sejak hari Pentakosta (Kisah 2:11). Sejak itu nama Allah sudah digunakan umat Kristen Arab, bahkan dalam Konsili Efesus (431 M) ada uskup Arab Harits bernama 'Abdullah' (Abdi Allah). Di kalangan Kristen ditemukan inskripsi Zabad (512 M) yang diawali kalimat 'Bism al-Ilah' (dengan/dalam nama Allah, bandingkan dengan 'Bismillah' di Al-Quran dengan 'Beshem Elohim' (Mazmur 20:6) dan 'Beshum Elah' (bahasa Aram, Ezra 5:1) dalam Tanakh, dan inskripsi Umm al-Jimmal (abad VI M) diawali ucapan 'Allahu Gafran' (Allah mengampuni).

No comments:

Post a Comment

Follow us

Become our Fan

Followers

Powered by Blogger.